DI
dalam pendidikan seorang anak dan anak yang paling terpenting adalah salah satuya
pertama dan yang utama adalah peran orang tua bukan hanya dalam pase seeorang anak
yang sudah lahir kedunia ini akan tetapi pendidikan seorang anak yang harusnya terjadi
sudah dalam sebab akibat dari kedua orang tuanya,apakah kedua orang tuanya menjadikan
serta yang sakinah mawaddah dan warohmah adalah satu perbuatan orang tuanya saat
ingin membangun suatu keluarga dengan baik ataupun tidak maka orangtuanya melakukanya,
maksudnya apakah kedua orang tuanya menikah secara baik ataukah kedua orang
tuanya melakukan suatu hubungan yang dilarang oleh syariat agama yang tentunya notaben
agama islam, kalau kedua orang tuany menjalani
dan melaksanakan keriteriahal tersebut maka anak akan menjadikan suatu dampak
yang baik juga bagi anak dan keluarganya juga yang kelak kedepan akan dijalaninya.
Itu
adalah terkaitnya suatu pase yang ada dan terdpat di dalam langkah atau cara untuk
suatu proses , untuk menurunkan dan mencerminkan
calon suatu bakal lahirnya anak yang baik akan perilakunya.
Dan
adalah pase berikutnya ialah langkah dalam alam kandungan salah satunya itulah yang
harus dijalani atau yang dilakukan
oleh seorang ibu khususnya orang
tua ,disitulah masa seorang ruh
yang akan menjadikan seorang calon anak , serta juga orang tuanya harus kiat-kiatnya menjaga akan dirinya
dan kolbunya dari sifat-sifat yang jelek agar
penyakit tersebut atau sifat tersebut tidak tertular kepada seorang bayi
yang ada di dalam kandungan seorang ibu, yakni orang tuanya .dari situlah bisa sertamerta akan berdampak kepada
seorang bayi yang akan lahir atau pun calon seorang anak yang
akan lahir kemuka bumi ini, yang harus diberi pendidikan yang seorang calon
anak tersebut masih ada di dalam masa ruh ataupun masa kandungan yang terdapat
di dalam alam kandungan seorang ibu.
pase
brikutnya ialah proses pendidikan seorang anak yang baru lahir keduniai yakni harus di penuhi kebutuhanya, salah satunya
dari segi penafkahan yang baik seperti salah satunya pemberian dalam hal makanan
yang bergizi serta halal yang dapat dikonsumsi oleh seorang anak yang akan berdampak
pada pola pembentukan karakter dan cara berfikir yang bagus karna di sebabkan dari
pemberian nafkah yang baik dan pantas terhadap seorang anak ,dikarenakan faktor
kedua orang tuanya yang sangat peran penting dan bertanggung jawab terhadap anak
tersebut.
kemudian
dari segi hal tersebut seorang anak harus dibekali dengan ilmu pengetahuan dan
agama agar seorang anak tersebut dapat menjadikan dan dapat mencerminkan suatu ahklak yang berkarakter baik dan dapat berbakti kepada orang tuanya dan bermanfaat bagi nusa bangsa
,Negara dan berguna bagi agama.
TUGAS
MAKALAH
FILSAFAT
SEBAGAI SOLUSI DALAM KEHIDUPAN
ANALISIS
KRITIS MASALAH KARAKTER SEORANG ANAK
NAKAL
DOSEN :
UMAR SYAMSUDIN S.Pd.I ., M.S.I
NAMA :
HARIS FAUZI
PRODI
:Pendidikan Agama Islam ( PAI )
NPM :
1213.01.032
STAI
BINA MADANI TANGERANG
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
BAB.2
PEMBAHASAN
A.Pengertianfilsfat
pemakalah sebutkan Sebelum mendefinisikan
filsafat mari kita terlebih dahulu ,prlu mengkaji pada kata yaitu filsafat .
hal ini penting di uraikan mengingat kata tersbut merupakan cabang ilmu secara tersendiri.
Mengawali tulisan tentang defines fisafat
pemakalah menguti pmenurut dar I segi pndang rusell ketika mengawali bukunya
yang berjudul philosophy. dalam lisan, arab kata filsafat berakar dari kata
filsafah yang berarti magna al-hikmah .dan sebuah kata yang berasal dari kata
luararab kata falsafah di pinjamdari kata yunani yang sangatterkenal
,philosophia yang berarti kecintaan pada kebenaran (wisdom).
Dan dengan sedikit perubahan kata
falsafah di Indonesia akan menjadi filsafat atau filosofi (karena pengaruh ucapan
inggris) philosophy.
Dalam ungkapan arab yang lebih asli ,yaitu cabang ilmu tradisionalislamini
di sebut dengan, ulum al-hikmah atau secara singkat , al-hikmah ( padanan kata
yunani Sophia ).
Yang artinya ialah ,kebijaksanaan atau , lebih tepat lagi adalah
, kawicaksanaan , dan pelaku filsafat disebut juga al-hakim (ahlihikmah atau bijaksana
), denga nbentuk jamak al-hukama.
Itulah salah satu dari pada beberapa dari
pola pengertian filsafat dari beberapa definisi yang telah dikemukakan oleh sebagian
dari kalangan.
Dan dari menurut catatan dari
parasejarawa, orang yang pertama kali menggunakan istilah filsafat adalah phytagoras
dari yunanani yang lahir antara 582-496 M. pada waktu itu , arti filsafat belum
begitu jelas. Kemudian ,filsafat di perjelas seperti yang banyak di pakai saat ini
oleh kaum sofist( ahlidebat ) dan juga Socrates (470-399 SM ) yang
merupakanmuriddariplato (427-347 SM ). Dan aristoteles (384-322 SM ).
Itulah dari beberapa tokoh pakar ahli
filsafat yang berperan untuk mengembakanya sampai saat ini, dan masih banyak sekali
dari berbagai macam tokoh yang brperperan dalam perkembangan filsafat yang
tidak bisa satu persatu disebutkan.
B. PENDIDIKAN ANAK
Salah satu sikap untuk menjadikan suatu
karakter, yang dapat digunakan, dari segi
berbagai macam bidang ,ialah salah satunya dari segi pendidikan. yang notabenya
( ilmu yang bermanfaat ) bagi kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak nanti.
Seorang tanpa di bekali suatu pendidikan
ataupun juga suatu ilmu ,maka seorang anak tersebut ataupun seorang insane manusia
akan mengalami ketertinggalan dan akan terpuruk bahkan akan tertindas akan masa
dan waktu yang semakin berjalan dan tergantikan waktu demi waktu.
Maka disitulah yang pula dikutip pada
kitab (ta,limulmuta,alim) . bahwa seorang anak ataupun seorang manusia wajib menuntut
ilmu ataupun pendididkan dari mulai buaian
sampai dengan liang lahat.
DAFTAR
ISI
BAB
I : PENDAHULUAN
A. LatarBelakang……………………………………………….......1
B. Tujuan ……………..………………………………………...1
C. Perumusanmasalah……….……………………………………...2
BAB
II : PEMBAHASAN
A. Pengertianfilsafat.……………………………………..………...3
B. Pendidikan anak………………………………………………………4
C. Pembinasan dan pendidikan melalui
keharmonisan orang tua…………………………………………....…………….………… 5
D. Perbuatan orang tua
berdampak terhadap anak...............…………….
6
E.
Usaha
Upaya orang tua dan guru…………………………………...7
BAB III
: PENUTUP
A. Kesimpulan ……………………………………………………………… 11
B. Saran – saran …………………………………………………………… 12
C. PEMBINAAN DAN
PENDIDIKAN MELALUI KEHARMONISAN KELUARGA
Masih keterkaitan dalam pembentukan suatu karakter
seorang anak, terkaitan faktor dengan keharmonisan dan ketentramaan pada
keluarga yang dijalani, terutamanya pada seorang anak.
Dan keharmonisan hubungan kedua orang tua,menjadi kebutuhan
mendasar setiap anak yang jiwanya masih dalam proses perkembangan, karena itu
mempengaruhi pertumbuhan jiwa anak tadi. Jiwanya akan tumbuh dan berkembang
secara baik dan sehat, apabila ia tumbuh dilingkungan yang sehat dan damai antara kedua orang tuanya.
Sebaliknya jiwa anak tumbuh dan berkembang dengan kering
dan gersang karena di tumbuhkan di lingkungan yang keras, kasar dan kacau. Oleh
sebab itu, tidak salah perkembangan jiwa anak dianalogikan kepada perkembangan
tumbuh-tumbuhan yang sangat tergantung kepada kondisi tanah tempatnya tumbuh.
Anak yang di besarkan ditengah kondisi orang tua yang
selalu bertengkar dan berantam, akan tumbuh secara tidak seimbang
antara pertumbuhan jasmanis
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah
puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang atas karunia-Nya kami
dapat menyelesaikan penulisan makalah tentang filsafat umum Dan beberapa
permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang ada di hadapan pembaca sekarang.
Makalah
ini di sajikan dalam rangka melengkapi kebutuhan studi dan materi.pada
kesempatan kali ini, Di dalam makalah ini penulis sedikit memberikan studi
acuan dan panduan untuk menambah wawasan para rekan pembaca dan khususnya orang
tua dan dewan guru.
Mengingat tentang pembahasan kali ini
sebagai acuan dan program untuk memenuhi pembahasan persentasi kali ini,
terutamanya dalam semester awal propodi filsafat umum.
Dalam kesempatan kali ini, kami sangat
berterimakasih kepada bapak sebagai dosen
pengampuh dalam proodi filsafat umum yang telah memberikan suatu arahan kepada
penulis, serta dalam memberikan motivasi penulis makalah ini serta semua pihak
yang telah berjasa dalam panduan beragai macam buku tentang permasalahan yang
ada dikehidupan serta kitab-kitab dan
tafsir yang dapat melengkapi makalah ini. Semoga kebaikan semua pihak yang
dapat melengkapi makalah ini merupakan suatu amal yang di ridhoi Allah SWT.amin
ya robbal alamin.
Penulis menyadari,
bahwa sebagai penambahan wawasan dan studi para mahasiswa dalam makalah ini,
kiranya makalah ini masih harus lebih di sempurnakan oleh karena itu saran dankritik
yang membangun kiranya sangat penulis nantikan.
Wabillahitaufik wa
al-hidayah.
Tangerang, Oktober 2012
Penulis
KESIMPULAN
BAB 3
Jadi pada
intinya setiap perkembangan yang terjadi pada setiap anak, adalah dari waktu ia
kecil dan sampai besar adalah semua itu tahap dari awal perubahan karakter
baikatau buruknya seorang anak.
Seperti para
AL-Hukama mwngatakan; bahwasanya berbuat baiklah kepada orang tuamu, niscaya
anakmu akan berbuat baik kepadamu’’.
Sebagian besar
prilaku anak diperolehnya dari perilaku orang tuanya dalam kehidupan rumah
tangga. Untuk itu perlu orang tua memperhatikan dan merenungkan ungkapan para
hukama berikut.
- jika anak dibesarkan dengan permusuhan , ia akan belajar berkelahi
- jika anak dibesarkan dengan cemohan , ia belajar rendah hati
- jika anak di besarkan dengan penghinaan , maka ia belajar menyesali diri
- jika anak dibesarkan dengan toleransi, ia beljar menahan diri
- jika anak dibesarkan dengan dorongan , ia belajarpercaya diri
- jika anak dibesarkan dengan pujian , maka ia belajar menghargai
- jika anak dibesarkan dengan perlakuan yang baik , maka ia belajar keadilan
- jika anak dibesarkan dengan rasa aman , maka ia belajar menaruh kepercayaan
- jika anak dibesarkan dengan dukungan , maka ia belajar menyenangi dirinya
- jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan , maka ia belajar menemukan cinta dalam kehidupan.
Itu adalah salah satu kesimpulan tentang beberapa karakter yang dimili
oleh setiap anak pada umumnya dari pase-pase sebelum dikandungan dan dari kecil
hingga anak tersebut sampai dewas.
PESAN DAN KESAN.
Marilah kita
perhatikan anak-anak bangsa kita yang akan meneruskan dari pada bangsa dan
negara serta agama kita diwaktu yang akan dayang.
DAFTAR PUSTAKA
- FISAFATSEJARAH. Tahun 2000.
- IMAM AL-GOZALI, benang tipis antara Halal dan Haram, surabaya,putra pelajar, 2002.
- Aksim ,amir. Untukmuibu tercinta, persada jakarta 2003.
- Al-Harani, ahmad bin taimiyah, berjalan mengikutu cahayanya. Oleh nunu burhanudin ,PT . Sahara , jakarta ,2004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar